Inilah Berbagai Suku Dan Tradisi Unik Yang Ada Di Indonesia

Inilah Berbagai Suku Dan Tradisi Unik Yang Ada Di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan keberagaman budaya luar biasa, mulai dari kepercayaan, etnis, bahasa, hingga suku. Dari sabang sampai merauke ada banyak suku yang menempati.Bicara soal keberagaman suku di Indonesia, tahukah kamu ternyata dari sekian banyak suku tersebut, beberapa di antaranya masih bertahan pada tradisi leluhur.Mereka lebih memilih hidup terisolasi dari Judi Online dan tak mau terpengaruh dengan modernisasi.

Inilah Berbagai Suku Dan Tradisi Unik Yang Ada Di Indonesia

Debus – Banten

Debus merupakan tradisi yang berasal dari Provinsi Banten berupa kegiatan melukai diri sendiri dengan berbagai senjata tajam seperti pedang, golok, atau pisau. Debus mengandung makna mendalam bahwa tuhan tidak akan membiarkan hambanya terluka dengan tubuh yang telah diberikan. Tradisi ini telah ada sejak dahulu karena tradisini lebih untuk mengigatkan kita dalam kehidupan sehari-hari. dianut oleh umat Islam sejak abad ke-16 di Banten, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat.

Tradisi Pemakaman Suku Minahasa – Sulawesi Utara

Suku Minahasa memiliki ritual pemakaman yang unik dan beda dari tradisi lainnya. Suku Minahasa memosisikan jenazah duduk sambil memeluk kakinya bukan dalam posisi tidur. Tradisi pemakaman seperti ini menurut kepercayaan melambangkan keadaan suci dan membawa kebaikan. Selain harus dalam posisi duduk, arah posisi mayat harus menghadap ke arah utara. Hal ini disebabkan karena cerita turun temurun dari nenek moyang orang Minahasa.

Suku Amungme

Suku Amungme bisa dikatakan sebagai suku tertua di wilayah timur Indonesia tersebut. Suku Amungme adalah suku yang terkenal memiliki ikatan kuat dengan gunung. Bagi suku ini, gunung dan sekitarnya adalah sebuah tempat suci yang harus dija

Suku Dayak

Dayak berasal dari kata “Daya” yang artinya hulu, untuk menyebutkan masyarakat yang tinggal di pedalaman atau perhuluan. Suku Dayak sendiri merupakan salah satu suku “Asli” yang mendiami “Pulau Borneo” (Kalimantan).

Borneo terbagi berdasarkan wilayah Administratif yang masing-masing terdiri dari Kalimantan Timur ibukotanya Samarinda, Kalimantan Selatan ibukotanya Banjarmasin, Kalimantan Tengah ibukotanya Palangka Raya, Kalimantan Barat ibukotanya Pontianak, dan Kalimantan Utara Ibukotanya Tanjung Selor.

Suku Dayak terbagi dalam 405 sub-sub suku. Masing-masing sub suku Dayak mempunyai adat istiadat dan budaya yang mirip, sesuai dengan sosial kemasyarakatannya, baik Dayak di Indonesia maupun Dayak di Sabah dan Sarawak Malaysia sebagai negara serumpun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.