Upacara Melasti , Upacara  Penyucian Yang Dilakukan Menjelang Nyepi

Upacara Melasti , Upacara Penyucian Yang Dilakukan Menjelang Nyepi

Upacara Melasti – Bali memang dikenal memiliki banyak budaya , mulai dari upacara hingga adat istiadat Bali yang tidak akan ditemukan di tempat lainnya. Adat Istiadat di Bali telah diwariskan dan dilestarikan dari generasi ke generasi. Seiring berkembangnya jaman , tradisi unik di Bali disuguhkan menjadi sebuah atraksi bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Pada artikel kali ini kami akan membahas salah satu upacara adat dari Bali yang bernama Upacara Melasti. Buat yang belum tahu , upacara Melasti merupakan salah satu upacara ritual penyambutan Tahun Baru Saka atau Hari Raya Nyepi yang bertujuan untuk menyucikan diri dan membersihkan alam dari energi negatif. Menurut kepercayaan warga setempat , upacara ini mampu membimbing mereka dalam menjaga hubungannya dengan aspek Tri Hita Karana, yang artinya menjalin hubungan harmonis dengan Tuhan, sesama manusia, dan alam.

Upacara Melasti

Upacara Melasti , Upacara  Penyucian Yang Dilakukan Menjelang Nyepi

Tahun baru Saka bagi umat Hindu Bali merupakan kesempatan untuk memulai kembali kehidupan dengan hati yang suci. Melalui ritual amati geni pada Hari Raya Nyepi, setiap umat Hindu pada hakikatnya mendapat kesempatan untuk mengevaluasi capaian hidupnya selama satu tahun yang lalu dan menyusun ulang rencana hidup satu tahun mendatang.

Pada 2 atau 4 hari menjelang Nyepi , masyarakat Hindu Bali melakukan ritual pensucian diri dan lingkungannya yang disebut dengan upacara Melasti. Upacara Melasti dapat didefinisikan sebagai nganyudang malaning gumi ngamet tirta amerta, yang berarti menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan. Dalam kepercayaan Hindu, sumber air seperti danau dan laut dianggap sebagai asal tirta amerta atau air kehidupan.

Sumber sumber air ini memberikan kehidupan bagi seluruh makhluk hidup, termasuk umat manusia. Maka dari itu , upacara Melasti selalu diadakan di tempat-tempat khusus seperti tepi pantai atau tepi danau.

Upacara Melasti

Dalam upacara ini , masyarakat datang secara berkelompok ke sumber-sumber air seperti danau dan laut. Setiap kelompok atau rombongan berasal dari satu kesatuan wilayah yang sama, semisal dari banjar atau desa yang sama. Rombongan tersebut biasanya akan membawa perangkat-perangkat slot 777 online keramat peribadahan, yaitu arca, pratima, dan pralingga dari pura yang ada di wilayah masing-masing untuk disucikan. Setiap anggota masyarakat juga menyiapkan sesajian sesuai kemampuan masing-masing yang merupakan bagian pelengkap dari upacara Melasti.

Sebelum upacara Melasti dimulai , biasanya panitia akan menyediakan sebuah meja atau panggung yang diposisikan membelakangi laut atau danau. Meja ini digunakan sebagai tempat berbagai perangkat suci peribadahan dari pura beserta beraneka jenis sesajian.

Seluruh anggota rombongan kemudian duduk bersila menghadap ke arah jajaran perangkat ibadah dan sesajian tersebut, sekaligus menghadap ke sumber air suci. Pemuka agama (pemangku) setempat kemudian akan memimpin berjalannya prosesi upacara. Para pemangku berkeliling dan memercikkan air suci kepada seluruh anggota masyarakat yang hadir serta perangkat-perangkat peribadatan dan menebarkan asap dupa sebagai wujud pensucian.

Setelahnya dilakukan ritual persembahyangan (panca sembah) oleh seluruh anggota rombongan. Para pemangku akan memberikan air suci dan bija. Air suci ini akan diminum , sedangkan bija akan dibubuhkan ke dahi setiap umat yang datang. Setelahnya , perangkat-perangkat peribadahan diarak kembali ke pura untuk menjalani beberapa tahapan ritual yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *